Past Form Sentence (Kalimat lampau)

Past form sentence atau kalimat lampau adalah bentuk kalimat yang digunakan untuk menjelaskan kejadian di masa lalu, kejadian yang sudah tidak berlaku lagi saat ini. kalimat ini hanya menjelaskan pada waktu tersebut terjadi, setelahnya tidak lagi. misalnya: I went to school by bus yesterday. kalimat tersebut hanya menjelaskan kejadian pada hari kemarin bahwa saya pergi sekolah naik bis.
kalimat lampau mempunyai 3 bentuk yakni kalimat negati, kalimat positif dan kalimat interogatif. Kalimat positif digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi. kalimat negatif menjelaskan kejadian yang tidak terjadi. kalimat interrogatif untuk menannyakan tentang kejadian yang terjadi.

ciri utama kalimat lampau terletak pada bentuk kata kerja yang berbeda dari kata kerja dasar atau asli.
kita bisa lihat dari contoh berikut.
dari gambar tersebut bisa dilihat perbedaan bentuk atau pilihan kata yang digunakan dalam teks yang menjelaskan kejadian sehari-hari yang menggunakan Present Tense dan teks yang menjelaskan kejadian lampau yang menggunakan Past Tense.

dari contoh tersebut bisa dipahami bahwa:
  1. keterangan waktu menggunakan keterangan waktu yang sesuai dengan kejadian.
  2. kata kerja yang dipakai ada dua bentuk yakni: regular verb yang bercirikan verb berimbuhan ed dan irregular verb yang tidak bercirikan khusus.
  3. kata kerja hubung menggunakan was dan were. dimana was digunakan ioleh subject: I, she, he, it dan benda yang berjumlah 1. were digunakan oleh Subject; They, we, you, dan benda berjumlah lebih dari 1.
  4. kata bantu kata kerja menggunakan did.
lebih jelasnya bisa dilihat dari video berikut:

daftar irregular verbs bisa dipelajari di sini:

setelah ,empelajarai kalimat bentuk lampau pada recount text kerjakan latihan soal berikut:



No comments

Powered by Blogger.