Reading Recount Text

Recount Text adalah teks yang menceritakan tentang serangkaian kejadian atau pengalaman di masa yang telah lalu. Teks recount bisa menceritakan tentang pengalaman pribadi, Biografi, serta laporan berita yang telah terjadi di masa lalu.
contoh teks recount tentang pengalaman pribadi:


dari teks tersebut bisa didapatkan cerita bahwa liburan musim panas yang lalu keluarga saya menginap di pinggir kota; tinggal di rumah kecil yangada kebun besar penuh bunga warna-warni dan kolam renang. Yang pertama dilakukan adalah membuat api unggun, kemudian duduk mengelilingan dan bernyanyi. Setelah itu masuk rumah utnuk makan malam, dan duduk-duduk nonton tivi. akhirnnya tertidur di ruang tivi. keesokannya bangun terlamba, sarapan dan siangnya pulang ke rumah dengan bahagia.

teks berbentuk recount menceritakan pengalaman-pengalaman yang dialami tokoh pelaku yang diceritakan yang terjadi di waktu lampau. Teks recount mempunyai struktur teks tertentu. Sehingga untuk bisa memahami dengan mudah, pembaca teks recount harus memahami ada unsur apa saja yang terdapat dalam teks recount. dengan memahami unsur-unsur yang ada dalam teks recount pembaca bisa lebih mudah memahami informasi apa saja yang ada di dalam teks recount.
Dalam gambar berikut ditunjukkan struktur/unsur yang ada dalam teks recount dalam model dan warna font yang berbeda. cobalah baca dan analisa berdasar makna kata atau kalimat yang ditulis dalam perbedaan model dan warna font tersebut.
misalnya; kalimat yang warna biru menunjukkan apa, kata yang berwarna merah menunjukkan apa, kkalimat yang digaris merupakan apa dan seterusnya.
jika sudah selesai menganalisa simak video berikut untuk menyimpulkan jawaban latihan diatas tentang unsur/struktur teks recount.

dari penjelasan dalam video tersebut bisa disimpulkan bahawa Recount teks mengandung beberapa elemen seperti yang tertulis dalam gambar berikut:

jadi, ketika membaca teks recount pembaca akan mengetahui tentang waktu dan tempat kejadian serta tokoh yang diceritakan dalam teks. Juga akan mengetahui urutan beserta kejadiannya apa saja, dan apa pendapat tentang pengalaman tersebut.
untuk mengecek pemahaman setelah pembelajaran ini coba kerjakan latihan di halaman QUIZ berikut.

berikut ini adalah slide presentasi dari pembelajaran membaca Teks Recount. 

No comments

Powered by Blogger.