NUMBERS, DATES, & TIME

 What Do You Know about Numbers?

We use numbers for many things. Kita menggunakanan untuk menyebut jumlah, urutan, tanggal, waktu, menghitung, mengukur, dan lain sebagainya. In this lesson we are learning kinds of numbers and their function. Angka yang menyebut jumlah berbeda dengan angka yang menyebut urutan.  Angka yang menyebut waktu (jam, menit, detik) berbeda dengan yang menyebut tahun.

Activity 1

Kegiatan ini bertujuan membangun informasi awal tentang jenis waktu, fungsinya dan contohnya. Disini kita belajar mengenali angka dan penyebutannya (pronunciation). ada dua media pembelajaran yang digunakan dalam tiga kegitan disini. 

Ikuti kegiatan di aplikasi Edpuzzle dan Learning App berikut; 

dalam dalam Edpuzzle hanya menyimak video dan menjawab pertanyaan pendek dengan memilih jawaban yang tepat (ada petunjuk jawaban yang benar dan salah). dari sini kita akan mempelajari tentang jenis numbers.

dalam Learning Apps yaitu memasangkan pilihan yang disediakan menurut kelompoknya. Setelah selesai memasangkan cek jawaban yang benar; frame hijau menunjukkan jawaban benar, merah menunjukkan jawaban salah

Task 1

di Edpuzzle berikut ini, simaklah tayangan video kemudian jawab pertanyaan singkat yang ada. video tersebut akan memberikan informasi awal tentang jenis angka.


Task 2

di Learning App berikut kita akan mengetahui contoh penggunaan angka dalam setiap jenisnya. Klik gambar yang ada untuk bisa melihat dengan jelas. Kemudian asangkan gambar tersebut dengan jenis angkanya.


Task 3

di Learning App kedua kita akan mencoba menghafalkan bentuk angka dari dua jenis tersebut.

Sekarang sudah ada gambaran jenis angka dan kegunaannya. 

Selanjutnya mari kita simak video berikut yang menjelaskan Jenis-jenis angka yang digunakan dalam Bahasa Inggris dan cara pengucapannya. Selain dalam format video, penjelasan juga tersedia dalam format dokumen PDF.

Task 4

Simak penjelasan tentang Numbers dalam video berikut ini dan unduh dokumen nya yang tersedia di link dibawah. 




 Activity 2

Number in Time

We have learned about types of numbers; cardinal, Ordinal, and Nominal. Now we are learning how numbers are used for telling time, dates, and years. We also learn days and months during this session. There are some learning activities in this session. Kita akan mempelajari hari dan waktu dalam seharian, nama-nama bulan, serta cara menyebutkan jam, tanggal dan tahun. 

Untuk bisa mencapai semua tujuan dari KBM kita di sesi ini maka kalian harus menyelesaiakn semua kegiatan yang disediakan di laman ini.

Task 5

In this task what you have to do is finding the meaning of time term in the LearningApp. Kalian akan mempelajari macam-macam istilah waktu dalam satu hari. Dalam LearningApp ini kalian mencari arti bagian waktu yang ada dalam seharian dengan cara memasangkan hari dan bagian waktunya dengan kegiatan yang sesuai untuk bagian waktu terebut. Misalnya: night - sleeping, morning - studying at school.
Baca baik-baik perintah yang ada di tamppilan pertama di LearnignApp.
Kemudian kalau sudah selesai cek jawaban kalian dengan cara klik ikon V di kotak kecil bawah sebelah kanan. Kalau masih ada warna merah berarti masih ada yang salah.


Now we have a prior knowledge that there are some terms for time part in a whole day. We have known what and when morning, noon, afternoon, evening, night, midnight and dawn is. Kita bisa mencari padanan artinya tenganh malah juga dini hari.

Task 6

Selanjutnya kalian akan lebih memahami lagi tentang pembagian waktu tersebut juga penggunaan angka dalam penyebutan jam, tanggal dan tahun serta nama hari dan bulan.
Simak video berikut ini.


Setelah memahami bagaimana cara menyebutkan angka yang digunakan untuk menyebutkan jam, tanggal dan angka, mari kita mencoba berlatih menyebutkan jam dalam bahasa Inggris di LearningApp berikut ini.

Task 7




Activity 3

Resume: How Numbers in Telling Time

Pada Kegiatan Belajar kali ini kita membahas kegiatan sebelumnya serta menyimpulkan materi juga ada latihan dan catatan tentang penggunaan waktu yang bisa dipelajari nantinya.

Task 8

Berikut ini pembahasan latihan tentang penyebutan angka sebagai petunjuk jam.
Perhatikan Gambar tentang penanda istilah menit yang dipakai dalam jam analog di sebelah kiri bawah untuk membantu memahami berapa lebihnya atau kurangnya menit.
Kemudian, klik nomor yang ada di sisi gambar jam untuk mengetahui jawaban yang benar penyebutan angka sebagai penunjuk jam analog atau digital.

Task 9

Pada kegiatan ini kita akan menyimpulkan tentang  penggunaan angka dalam penyebutan Jam, tanggal dan tahun. Kegiatan ini juga dipakai untuk penanda kehadiran dan keaktifan kalian. Kegiatan berupa memilih (VOTE) pernyataan yang menurut kalian benar sesuai dengan pemahaman kalian.
Kalau kalian setuju dengan pernyataan yang pertama klik kotak di samping kanan bertulisan VOTE. Demikian juga kalau setuju dengan pernyataan kedua klik VOTE yang di sebelahnya.

Apabila kalian ada pendapat lain silahkan juga tulis pendapat kalian kalau tidak setuju dengan kedua pendapat tersebut atau ingin menambahkan informasi terkait penggunaan angka dalam waktu dengan klik ADD ARGUMENT

Jangan lupa tulis nama lengkap dan kelas kalian ketika VOTE

untuk mengikuti kegiatannya masuk ke laman berikut ini: Resume Pemahaman

Untuk rangkuman materi tentang Numbers in Time bisa diunduh di sini: Dokumen PDF Numbers in Time

Task 10

Di Task ini ada kuis tentnag jenis Numbers, cara penyebutannya dan fungsinya. Kerjakan dengan masuk ke link yang disediakan. Setelah dikerjakan dicek jawabannya untuk memahami mana saja yang masih salah dan untuk mengetahui jawaban yang benar. Jawaban tidak perlu dikirimkan kemana-mana.

Powered by Blogger.